Selasa, 20 November 2012

Nasional.is.me

                                                      

Kalimat diatas adalah kalimat yang saya ambil dari judul buku seorang blogger, rapper, dan komikus di Indonesia yang saya kagumi karena pandangan hidupnya, yaitu Pandji Pragiwaksono. Kalo kalian ga kenal inget-inget deh yang dulu bawa acara “Kena Deh!” nah iya itu dia.

Judul buku tersebut juga di ambil dari blog harian pandji yang kemudian mendapatkan respon yang baik yang kemudian di bukukan. Entah kenapa ya setelah baca buku ini, baca blognya, nge-follow akun pandji di twitter  jiwa nasionalisme saya itu kian bangkit, dari tulisan-tulisan pandji ini jadi ngebuka pikiran saya dan mencoba buat berfikiran lebih luas lagi.

Di buku ini Pandji bener-bener ngajarin apa itu arti nasionalisme, bukan yang  cuma ngomong aja kalo kita bangga jadi warga Indonesia misal pas Timnas menang, eh pas kalah di maki-maki, tapi dengan tindakan sekecil apapun yang kita bisa lakukan buat Indonesia kita. Pandji juga ngajarin saya untuk terbuka sama yang namanya status sosial dan agama seseorang, apalagi buat di negara se-majemuk Indonesia yang punya beragam suku, ras, agama, dan juga status sosial yang cukup mencolok.

Menghargai sesama dan pandangan hidup orang lain, dan lebih mencintai kekurangan dan kelebihan yang Indonesia miliki, itu yang saya dapat dari buku ini. Dan buat kalian yang ingin tau apa aja yang di tulis Pandji di blog hariannya kalian bisa mampir ke www.pandji.com :).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar