Rabu, 24 Februari 2016

Yuk Ikut Berkontribusi Dalam Diet Kantong Plastik!

Sudah tahukah kalian tentang kantong plastik berbayar? Kebijakan ini adalah suatu uji coba yang bermaksud untuk mengurangi konsumsi kantong plastik khususnya pada pusat-pusat perbelanjaan baik supermarket atau industri ritel kecil lainnya.

Kebijakan tersebut mulai di berlakukan pada tanggal 21 Februari kemarin bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional dan secara langsung diresmikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar. Kebijakan ini masih dalam tahap uji coba selama 6 bulan kedepan.

Setiap lembar kantong plastik yang kamu gunakan pada pusat perbelanjaan akan dikenakan tarif sebesar Rp. 200, jadi siap-siap untuk kalian yang ingin pergi ke pusat perbelanjaan menyiapkan uang ekstra atau membawa kantong sendiri dari rumah.

Hal ini adalah salah satu dari sekian cara untuk mengurangi menumpuknya limbah yang di sebabkan oleh sampah khususnya sampah plastik. Biaya yang dibebankan oleh pemerintah untuk membayar kantong plastik ini sebenarnya untuk mengingatkan masyarakat untuk tidak lagi menghambur-hamburkan plastik dan mempergunakan plastik dengan lebih bijak. Karena kalian pasti tau kan limbah plastik adalah limbah yang paling sulit di uraikan oleh tanah. Maka dari itu yuk sekarang kita bersama-sama mempergunakan plastik dengan bijak dan berdiet kantong plastik!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar