Rabu, 24 Februari 2016

Objek Wisata Kulon Progo Yogyakarta, Spot Foto Kalibiru dan sekitarnya

Dalam waktu dekat ini mau liburan di kota jogja? Cari spot foto yang sedang hits dan instagramable? Coba kalian lirik kota Wates yang berada di sebelah barat kota Jogja. Di kota ini kamu  akan menemukan wisata alam yang hanya ada di Kulon Progo. Yap Kulon Progo adalah sebuah kabupaten yang berada di kota Wates. Kulon progo memiliki pegunungan yang masih hijau dan memiliki bermacam wisata alam di dalam nya, nama pegunungan itu adalah pegunungan Menoreh.

Apa saja sih yang ada di Kabupaten Kulon Progo ini? Saat ini Kulon Progo menjadi salah satu destinasi wisata alternatif kalau kalian ingin berkunjung di Jogja, mulai dari waduk sermo, kalibiru dan objek wisata lain di sekitarnya.

1. Waduk Sermo


Salah satu objek wisata alam yang dapat kalian temui di Kulon Progo ini terletak di pegunungan Menoreh. Waduk ini adalah salah satu waduk terbesar di kota Jogja. Pemandangan yang asri serta udara yang sejuk akan kalian temui disini. Keindahan Waduk Sermo dapat dinikmati dengan cara memancing, berkeliling waduk menggunakan perahu wisata yang disediakan atau hanya duduk-duduk menikmati angin segar dengan hamparan luas air yang mengisi waduk. 

2. Desa Wisata Kalibiru


Alternatif lain untuk menikmati keindahan Waduk Sermo adalah dengan mengunjungi Kalibiru. Bukan, disini tidak ada kok kali yang berwarna biru itu. Kalibiru adalah nama desa yang masih berada di pegunungan Menoreh yang berada di atas dari objek wisata Waduk Sermo. Tempat ini adalah salah satu spot yang sedang naik daun di kalangan pengguna Instagram. Ya salah satu alasannya adalah dari tempat ini kalian dapat melihat jelas pemandangan Waduk Sermo dari atas, sampai-sampai banyak artis juga lho yang berkunjung ke tempat wisata ini. Desa wisata alam Kalibiru ini juga menyediakan spot untuk berfoto di atas sebuah pohon yang berlatar belakang lukisan indah Waduk Sermo. Selain itu juga terdapat flying fox dan jembatan gantung yang dapat dicoba untuk menguji adrenalin di tengah ketinggian.

3. Air Terjun Kedung Pedut

Wisata alam yang satu ini tergolong baru di buka untuk umum, belum lama memang tapi kecantikannya tidak dapat di pungkiri. Terdapat 3 kolam disini yang memiliki warna yang sangat cantik, yaitu perpaduan antara warna putih susu dan hijau tosca. Walaupun tempat ini terlihat sederhana tetapi melihat betapa jernihnya air yang ada di tempat ini adalah salah satu alasan kenapa kalian harus mengunjungi tempat ini. Di Kedung Pedut kalian juga diperbolehkan untuk mandi di kolam alami yang masih segar ini, lho.

4. Kebun Teh Nglinggo

Hamparan perkebunan teh berwarna hijau nan cantik yang sangat menyegarkan mata. Ya, tempat ini adalah perkebunan teh milik warga yang dijadikan tempat wisata, terletak di salah satu puncak pegunungan menoreh, kalian dapat melihat keindahan pegunungan yang mengelilinginya.

5. Puncak Suroloyo



Masih di kabupaten Kulon Progo, terdapat sebuah objek wisata yang terletak pada puncak pegunungan Menoreh yaitu Puncak Suroloyo. Tempat ini konon memiliki nilai historis tentang penguasa tanah jawa terdahulu yang pernah bertapa di tempat tersebut. Mencapai tempat ini memang membutuhkan banyak perjuangan untuk menaiki anak tangga yang jumlahnya ratusan, namun rasa lelah setelah menaiki anak tangga pastilah akan terbayarkan dengan pemandangan indah yang disuguhkan oleh Puncak Suroloyo. Betapa tidak, dari puncak ini kalian dapat meilhat Candi Borobudur terlihat sangat kecil dari kejauhan dan di kelilingi oleh 4 gunung sekaligus, yaitu gunung Merapi, gunung Merbabu, gunung Sindoro dan gunung Sumbing.



2 komentar:

  1. waktu itu mau ke kalibiru nggak dibolehin pergi sendiri karena jalannya nanjak banget, jadi belum kesana deh T_T

    Oh iya, ini ada lomba blog berhadiah ke jepang siapa tau menang. Sayang, tulisan Mbak Irma bagus soalnya :) http://his-summer-trip.kawaiibeautyjapan.com/

    BalasHapus
  2. Subhanallah... Cantiknya pemandangandi sana ya saudari.

    BalasHapus