Perkembangan
Jaringan Komputer Sebagai Sarana Yang Digunakan Dalam Proses Telematika
Dalam
proses telematika jaringan komputer sangat diperlukan karena kegunaan tersebut,
makan kegunaan dari jaringan komputer adalah unutk saling berinteraksi antar
komputer yang satu dengan komputer yang lainnya. dapat diartikan sebagai sebuah
rangkaian dua atau lebih komputer. Komputer-komputer ini akan dihubungkan satu
sama lain dengan sebuah sistem komunikasi. Dengan jaringan komputer ini
dimungkinkan bagi setiap komputer yang terjaring di dalamnya dapat saling
tukar-menukar data, program, dan sumber daya komputer lainnya, seperti media
penyimpanan, printer, dan lain-lain. Jaringan komputer yang menghubungkan
komputer-komputer yang berada pada lokasi berbeda dapat juga dimanfaatkan untuk
mengirim surat elektronik (e-mail), mengirim file data (upload) dan mengambil
file data dari tempat lain (download), dan berbagai kegiatan akses informasi
pada lokasi yang terpisah. Tujuan utama dari sebuah jaringan komputer adalah
sharing resource (sumber daya), dimana sebuah komputer dapat memanfaatkan
sumber daya yang dimiliki komputer lain yang berada dalam jaringan yang sama.
Perkembangan
teknologi komunikasi data dan jaringan komputer dewasa ini sudah tidak terbatas
lagi hanya pada komputer. Berbagai perangkat teknologi komunikasi yang dapat
membantu dalam proses telematika saat ini berkembang mengikuti perkembangan
teknologi komputer, banyak diantaranya mengintegrasikan perangkat komputer,
seperti mikroprosesor, memori, display, storage, dan teknologi komunikasi ke
dalamnya. Suatu jaringan komputer pada umumnya terdiri atas:
·
Kartu jaringan (network interface card /
NIC) pada setiap komputer
·
Medium Koneksi, yang menghubungkan kartu
jaringan satu komputer ke komputer lainnya, biasa disebut sebagai medium
transmisi data, bisa berupa kabel maupun nirkabel atau tanpa-kabel (wireless
seperti radio, microwave, satelit, dan sebagainya).
·
Minimal dua buah komputer
·
Peralatan interkoneksi, seperti Hub,
Bridge, Switch, Router, dan Gateway, apabila jaringan yang dibentuk semakin
luas jangkauannya.
·
Perangkat Lunak Sistem operasi jaringan
(network operating system software / NOSS) yang berfungsi untuk melakukan
pengelolaan sistem jaringan, misalnya: Microsoft Windows 2000 server, Microsoft
Windows NT, Novell Netware, Linux, dan sebagainya.
Perkembangan Teknologi Wireless
·
Hardware Access Point + plus
Perangkat dibawah ini
adalah perangkat standard yang digunakan untuk access point. Access Point dapat
berupa perangkat access point saja atau dengan dual fungsi sebagai internal
router. Bahkan pada model terbaru sudah ditambahkan teknologi Super G dengan
kemampuan double transmisi, smart DHCP bagi client network dan hardware
standard monitor serta Firewall dan sebagainya.
Alat
Access point dapat dipasangkan pada sebuah hub, cable modem atau alat lainnya
untuk menghubungkan computer dengan WIFI kedalam sebuah network lain.
·
PCMCIA Adapter
Alat ini dapat
ditambahkan pada notebook dengan pada PCMCIA slot. Model PCMCIA juga tersedia
dengan tipe G atau double transmit.
·
USB Wireless Adaptor
Termasuk perangkat baru
dan praktis pada teknologi WIFI. Alat ini mengambil power 5V dari USB port.
Untuk kemudahan USB WIFI adapter dengan fleksibel ditempatkan bagi notebook dan
PC. Tetapi pada perangkat USB WIFI Adapter memiliki batasan. Sebaiknya
mengunakan USB port 2.0 karena kemampuan sistem WIFI mampu mencapai data rate
54Mbps. Bila anda memerlukan kepraktisan, penambahan perangkat Wireless USB
adaptor adalah pilihan yang tepat, karena bentuknya yang praktis dan dapat
dilepas. Tetapi perlu diingatkan bahwa dengan supply power kecil dari USB port
alat juga memilki jangkauan lebih rendah, selain bentuk antenna yang ditanam
didalam cover plastik akan menghambat daya pancar dan penerimaan pada jenis
perangak ini.
·
USB Add-on PCI slot
Perangkat ini umumnya
diberikan bersama paket mainboard untuk melengkapi perangkat WIFI pada sebuah
computer. Sama kemampuannya dengan PCI card wireless network tetapi mengunakan
jack USB internal pada mainboard termasuk pemakaian power diambil dari cable
tersebut. Perangkat pada gambar dibawah ini juga dapat diaktifkan sebagai
Access Point melalui software driver. Kekuatan alat ini terletak pada antenna,
dan memiliki jangkauan sama seperti PCI Wireless adaptor.
·
Mini PCI bus adapter
Perangkat miniPCI bus
untuk WIFI notebook berbentuk card yang ditanamkan didalam case notebook.
Berbeda dengan card yang digunakan pada computer dengan PCI interface. PCImini
bus adalah slot PCI yang disediakan pada notebook dan pemakai dapat menambahkan
perangkat seperti WIFI adaptor didalam sebuah notebook. Umumnya perangkat
hardware dengan miniPCI bus tidak dijual secara umum, tetapi model terbaru seperti
pada Gigabyte GN-WIAG01 dengan kemampuan WIFI Super G sudah dijual bebas untuk
upgrade Wireless adaptor bagi sebuah notebook.
Perangkat mini PCI untuk
wireless nantinya diberikan 2 buah socket antena dan terhubung dengan antena di
sisi layar sebuah notebook. Untuk keterangan dimana perangkat ini dipasang,
dapat dilihat pada gambar menginstall Mini PCI bus.
beberapa aplikasi yang
dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja wireless:
- wireless Wizard 5.21
- linksys wireless-G USB Network
Adapter 1.0
- AirTies Network Assistant 1.0
- Zamzom wireless network tool
01.07.0.09
Fitur Layout Telematika
Fitur
layout telematika terbagi dalam
6
macam fitur:
a. Head
Up Display (HUD) adalah tampilan transparan yang menyajikan data tanpa
mengharuskan pengguna melihat dari sudut pandang yang biasa mereka lihat. Asal
usul nama berasal dari pilot yang dapat melihat informasi dengan kepala tegak
dan melihat ke depan, bukannya menghadap ke bawah melihat instrumen yang lebih
rendah.
Penggunaan HUD dapat
dibagi menjadi 2 jenis :
·
HUD yang terikat pada badan pesawat atau
kendaraan chasis. Sistem penentuan gambar yang ingin disajikan semata-mata
tergantung pada orientasi kendaraan.
·
HMD, helm dipasang yang menampilkan HUD
dimana elemen akan ditampilkan tergantung pada orientasi dari kepala pengguna.
b. Tangible
User Interface (TUI) adalah antarmuka pengguna di mana seseorang berinteraksi
dengan informasi digital melalui fisik lingkungan . Nama awal User Interface
Graspable, yang tidak lagi digunakan. Salah satu pelopor dalam user interface
nyata adalah Hiroshi Ishii , seorang profesor di MIT Media Laboratory yang
mengepalai Media Group Berwujud. Visi tertentu Nya bagi UIS nyata, yang
disebutBits Tangible, adalah memberikan bentuk fisik ke informasi digital,
membuat bit secara langsung dimanipulasi dan mencolok. Bit Berwujud mengejar
kopling mulus antara dua dunia yang sangat berbeda bit dan atom.
c. Computer Vision adalah
bidang yang meliputi metode untuk memperoleh, memproses, menganalisis, dan
gambar pengertian dan, pada umumnya, tinggi-dimensi data dari dunia nyata untuk
menghasilkan informasi numerik atau simbolis, misalnya, dalam bentuk keputusan.
Sebuah tema dalam pengembangan bidang ini telah untuk menduplikasi kemampuan
penglihatan manusia secara elektronik mengamati dan memahami gambar. Hal ini
pemahaman gambar dapat dilihat sebagai menguraikan informasi simbolis dari data
citra menggunakan model dibangun dengan bantuan geometri, fisika, statistik,
dan teori pembelajaran.
d. Browsing Audio Data
merupakan aktivitas menjelajahi dunia maya (Internet) untuk mencari informasi
yang terkini tanpa batas dan tanpa birokrasi atau dikenal juga dengan istilah
surfing internet (berselancar di dunia maya), software yang digunakan dikenal
dengan nama web browser. Beberapa contoh web browser adalah Mozilla Firefox,
Internet aexplorer, Opera, Chrome, dll. Audio adalah Bunyi atau suara adalah
kompresi mekanikal atau gelombang longitudinal yang merambat melalui medium.
Medium atau zat perantara ini dapat berupa zat cair, padat, gas. Jadi,
gelombang bunyi dapat merambat misalnya di dalam air, batu bara, atau udara
yang dapat di tangkap oleh telinga manusia menjadi sebuah gelombang suara.
sedangkan data adalah catatan atas suatu kumpulan fakta. jadi audio data adalah
suatu data-data atau kumpulan dari suara atau bunyi.
e. Speech Recognition
(juga dikenal sebagai pengenalan suara otomatis, pengenalan komputer pidato,
pidato ke teks, atau hanya STT) mengkonversi kata yang diucapkan dengan teks.
Para "pengenalan suara" istilah kadang-kadang digunakan untuk merujuk
pada sistem pengenalan yang harus dilatih untuk pembicara tertentu-seperti
halnya bagi sebagian besar perangkat lunak pengenal desktop. Menyadari
pembicara dapat menyederhanakan tugas menerjemahkan pidato.
f. Speech Synthesis
adalah produksi buatan manusia pidato. Sebuah sistem komputer yang digunakan
untuk tujuan ini disebut speech synthesizer, dan dapat diimplementasikan dalam
perangkat lunak atau perangkat keras . Sebuah teks-to-speech (TTS) sistem
mengkonversi teks bahasa normal menjadi pidato, sistem lain membuat
representasi linguistik simbolik seperti transkripsi fonetik dalam pidato.
Pidato disintesis dapat dibuat dengan menggabungkan potongan pidato yang
direkam yang disimpan dalam basis data . Sistem berbeda dalam ukuran unit
pidato disimpan, sebuah sistem yang menyimpan telepon atau diphones memberikan
rentang output terbesar, tapi mungkin kurang jelas. Untuk domain penggunaan
khusus, penyimpanan seluruh kata-kata atau kalimat memungkinkan untuk output
berkualitas tinggi. Atau, synthesizer dapat menggabungkan model saluran vokal
dan karakteristik suara manusia untuk membuat benar-benar "sintetik"
output suara. Kualitas synthesizer pidato dinilai oleh kesamaannya dengan suara
manusia dan dengan kemampuannya untuk dipahami. Sebuah program text-to-speech
dipahami memungkinkan orang dengan gangguan visual atau membaca cacat untuk
mendengarkan karya tulis di komputer rumah. Banyak operasi sistem komputer
telah menyertakan synthesizer pidato sejak awal 1980-an.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar