Selasa, 03 Desember 2013

Borobudur

Candi Borobudur adalah salah satu candi Buddha terbesar yang pernah ada, terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi ini sempat masuk kedalam 7 Keajaiban Dunia sebagai warisan peninggalan dunia. Didirikan sekitar 800 SM oleh Raja Samaratungga yang merupakan seorang raja dari kerajaan Mataram Kuno. Pertama kali keberadaan Candi Borobudur ditemukan oleh Thomas Stanford Rafles pada masa penjajahan.

Menurut seorang sejarawan, Candi Borobudur adalah salah satu tempat untuk berdoa bagi para penganut Buddha. Tidak heran jika sampai saat ini, Candi Borobudur masih digunakan sebagai tempat sembahyang bagi para penganut Buddha dari berbagai negara pada saat hari-hari besar keagamaan, seperti hari raya Waisak.

Tiap lantai pada Candi Borobudur mempunyai tema yang berbeda-beda, karena pada setiap tingkatan tersebut melambangkan tahapan kehidupan manusia. Hal ini sesuai dengan ajaran Buddha Mahayana, bahwa setiap orang yang ingin mencapai kesempurnaan sebagai seorang Buddha harus melalui tiap tahap kehidupan. Pada setiap lantai di Candi Borobudur  terdapat relief-relief yang jika kita baca dengan runtut, maka akan membawa kita untuk mengitari candi searah dengan jarum jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar