Sabtu, 09 Mei 2015

LAPOR! (Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat)

Media sosial pada era sekarang bukan lagi tempat untuk berkeluh kesah saja. Sudah banyak manfaat media sosial yang dapat dirasakan oleh masyarakat. Salah satu diantaranya adalah dalam bidang pemerintahan, hal ini dijadikan media untuk menyampaikan keluahan atau saran dari masyarakat kepada pemerintahan. Maksud dari semua ini tentu baik, demi kemajuan bersama dalam membangun bangsa. Oleh karena itu pemerintah telah menyediakan suatu sarana penghubung antara masyarakat dan pemerintahan, yaitu LAPOR!. LAPOR! dikembangkan oleh kantor staf kepresidenan dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat untuk pengawasan program dan kinerja pemerintah.

Dalam menjalankan tujuan awalnya, yaitu untuk menyediakan sarana pengawasan dan aspirasi masyarakat, LAPOR! menggunakan media sosial sebagai sarananya. Saat ini LAPOR! sudah dapat di akses dari hampir semua media sosial yang tersedia.


Hal ini tentu sangat memudahkan dan membantu masyarakat. Keluhan dan saran kepada seluruh kinerja kementrian dapat anda sampaikan kepada LAPOR!, kemudian LAPOR! akan membantu menyampaikan aspirasi tersebut kepada pihak yang bersangkutan, sangat mudah bukan?. Berikut adalah contoh dari laporan masyarakat pada website LAPOR!.

Dalam membangun suatu pemerintahan yang baik sangat dibutuhkan peran serta dari masyarakatnya. Tidak ada salahnya sesekali memberikan pengaduan dan saran kepada pemerintah menggunakan LAPOR!. Yuk jadi masyarakat yang aktif dan peduli J.